PPKG UNS Kembali Menghadirkan Program Podcast EPS. 3 untuk Mematahkan Stereotip Gender

Surakarta, 24/12/24 – Pusat Penelitian Kependudukan dan Gender (PPKG) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta baru- baru ini kembali mengadakan podcast tentang mematahkan stereotip gender di lingkungan STEM, dimana lingkungan yang biasanya didominasi oleh laki-laki ini, ternyata juga ada perempuan berprestasi yang berkecimpung didalamnya. Podcast berjudul “Jadi Perempuan Berprestasi di Lingkungan Teknik ?? Siapa Takut !! [Podcast PPKG UNS EPS.3]” ini menghadirkan satu narasumber yaitu Diefa Nasywa, yang merupakan salah satu mahasiswa perempuan yang berprestasi di Pendidikan Teknik Mesin UNS 2022.

Pada podcast ini, Diefa Nasywa membagikan pengalaman pribadinya menghadapi stereotip gender yang masih kuat di masyarakat. Diefa menekankan bahwa keyakinan diri dan kerja keras sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan itu. Narasumber juga membagikan pengalamannya dalam meraih kesuksesan. Ada beberapa strategi yang narasumber lakukan untuk mencapai kesuksesan, di antaranya dengan membangun jaringan dan berkolaborasi dengan komunitas teknik, mengembangkan kemampuan teknis dan terus belajar, mengatasi rasa takut dan keraguan dengan percaya diri, serta saling berbagi pengalaman dan inspirasi dengan perempuan lainnya.

Namun dibalik kesuksesannya, Diefa juga pernah mengalami kegagalan. Akan tetapi, kegagalan itu justru dijadikan sebagai pelajaran berharga selama merintis karirnya. Pada podcast ini, Diefa terus menekankan pentingnya percaya diri dan bersemangat, selalu menghadapi tantangan dengan positif, serta membangun dukungan dari komunitas. Oleh karena itu, dari cerita Diefa Nasywa dapat disimpulkan bahwa perempuan juga bisa sukses bekarir di bidang teknik yang mana umumnya didominasi oleh laki-laki. Kesuksesan itu dapat diraih dengan keyakinan diri, kerja keras, dan dukungan dari orang-orang sekitarnya. Diefa Nasywa yang menjadi narasumber dalam podcast ini, turut mengajak audiens untuk saling menginspirasi sesama perempuan dan mengembangkan potensi mereka.

 © 2023 Pusat Studi Kependudukan dan Gender LPPM UNS