Menu Close

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT PPKG LPPM UNS

SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (KRR) BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KOTA SURAKARTA

Pada hari Rabu/23 September 2020 diadakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yaitu sosialisasi kesehatan reproduksi remaja bagi pelajar sekolah menengah atas. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen yang tergabung dalam grup riset Pusat Penelitian Kependudukan dan Gender (PPKG) LPPM UNS. Kegiatan yang baru pertama kali diadakan di salah satu SMA Swasta di kota Surakarta ini dilaksanakan ole tim PPKG yang diketuai oleh Dr. Vinc Hadi Wiyono WS M.A dengan anggota tim yaitu Istar Yuliadi, dr., M. Si sekaligus sebagai narasumber, Dr. Desiderius Priyo Sudibyo, M.Si, dan Yeremia Rante Ada’, S. Sos.,M,Kes.

Kegiatan dalam bentuk sosialisasi ini dilaksanakan di Aula SMA St. Yosef Surakarta, diikuti hanya terbatas pada pengurus OSIS saja berjumlah 26 siswa dari targer semula yaitu 36 siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan yang ketat yang diatur bersama antara pihak sekolah dengan tim karena diadakan masih dalam kondisi pandemi covid-19.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dikemas dalam bentuk sosialisasi ini mengambil judul Mengulik”bagian Dalam” Remaja. Materi ini disampaikan oleh Istar Yuliadi, dr., M.Si sebagai salah satu tim ahli tentang kesehatan reproduksi Universitas Sebelas Maret. Kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi remaja ini juga turut didampingi oleh tiga orang guru dari sekolah St. Yosef. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar sesuai dengan harapan. Kegiatan ini didahului dengan sambutan singkat dari ketua tim pengabdian masyarakat PPKG LPPM UNS, Dr. Vinc Hadi Wiyono WS M.A. Dalam sambutannya dijelaskan gambaran singkat mengenai maksud dan tujuan kegiatan ini diadakan, kemudian disusul sambutan dari pihak sekolah yang diwakili oleh guru pembimbing Osis. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi. Dalam penyempaian materi siswa dengan sangat antusias mengikuti dan menyimak dengan baik. Berdasarkan hasil pengsian kuesioner evaluasi, diperoleh tanggapan bahwa kegiatan ini 100 % dirasakan siswa sangat bermanfaat. Pada sesi diskusi, siswa dengan antusias memberikan pertanyaan seputar kesehatan reproduksi remaja. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini kemudian ditutup bersama tim dan pihak sekolah SMA ST. Yosef. Mewakili sekolah Bruder Stefanus Ngadenan, FIC. sangat berterimakasih atas kedatangan tim PPKG LPPM UNS mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMA St. Yosef dan sangat terbuka apabila pihak UNS mengadakan kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Tim kegiatan pengabdiam masyarakat PPKG LPPM UNS yang diwakili Dr. Vinc Hadi Wiyono WS M.A juga sangat berterimakasih atas sambutan dan penerimaan sekolah yang sangat “welcome” dan memohon maaf atas segala kekuarangan yang ada. Semoga selanjutnya kegiatan-kegiatan lain dapat dilaksanakan bersama dengan SMA St. Yosef Surakatra.

Gambar 1. Pengaturan Jarak Tempat duduk Antar Peserta
Gambar 2. Pembukaan Kegiatan
Gambar 3. Siswa Antusias Mengajukan Pertanyaan
Gambar 4. Penutupan Kegiatan