Menu Close

Pusat Studi Kependudukan dan Gender (PPKG) UNS Menghadiri FGD “Mengupas Kuesioner Riset Kantin Sekolah Sehat”


Foto Putri Permatasari SP.,M.Si selaku peer group PPKG UNS bersama para stakeholder dalam FGD “Mengupas Kuesioner Riset Kantin Sekolah Sehat”

Focus Group Discussion “Mengupas Kuesioner Riset Kantin Sekolah Sehat” dilakukan pada Kamis, 22 Agustus 2019 di Harris Hotel & Convention Surakarta. Riset akan dilakukan oleh Gita Pertiwi Surakarta bekerjasama dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada kantin sehat sekolah adiwiyata di wilayah Solo dan Depok. Masing-masing kota akan diambil sampel 5 sekolah (3 SD dan 2 SMP) dengan jumlah siswa sebanyak 138 anak per kota (90 siswa SD dan 48 siswa SMP).

Kegiatan FGD dihadiri oleh beberapa stakeholder antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Loka POM Surakarta, Badan Koordinasi UKS Surakarta, Perwakilan Sekolah Adiwiyata, Akademisi (PPKG UNS), Pegiat Perlindungan Anak, Pengelola Kantin dan Perwakilan Wali Murid. Tujuan kegiatan FGD adalah untuk mendapatkan masukan dari stakeholder pihak-pihak terkait dalam penyusunan kuesioner riset, metodologi dan sebaran sampel.

.Tujuan riset adalah untuk mengidentifikasi jenis pangan yang terdapat pada kantin sekolah berdasarkan nilai gizinya, mengidentifikasi status gizi siswa usia sekolah dan preferensinya terhadap pangan jajanan, mengidentifikasi kondisi kantin sekolah secara umum, mengidentifikasi peran, upaya dan kontribusi sekolah dalam mewujudkan kesehatan para peserta didiknya serta merekomendasikan hasil temuan kepada sekolah dan Pemerintah Daerah setempat. Hasil dari riset ini nantinya diharapkan akan ada sinergi antar lembaga dalam mewujudkan kantin sekolah yang sehat dengan fokus yang sama dan memasukkan aspek kualitas gizi pangan jajanan di dalamnya.

Forum FGD “Mengupas Kuesioner Riset Kantin Sekolah Sehat”